Mesin Pengering Padi Sederhana

Sebelum menjadi beras, padi harus dijemur terlebih dahulu kemudian baru diproses dan dijadikan beras yang layak konsumsi. Namun pada fase penjemuran, terkadang masalah sering ditemui, yakni cuaca yang tidak mendukung. Cuaca mendung, sedikit cahaya matahari, bahkan sampai hujan berkepanjangan dapat memperlama proses pengeringan. Bahkan bila kering, hasilnya juga tidak terlalu baik. Dengan demikian, padi tidak bisa kering dan tidak bisa dilanjutkan ke proses pengolahan menjadi beras. Ini sebenarnya masalah yang bisa menjadi sangat serius mengingat hampir setiap wilayah di Indonesia membutuhkan beras sebagai konsumsi pokok sehari-harinya. Maka perlu dicari solusi agar dapat menghindarkannya dari masalah cuaca yang tidak bisa disalahkan. Untungnya, kini ada mesin pengering padi. Sesuai namanya, mesin ini memang dimanfaatkan untuk mengeringkan padi sehingga prosesnya tidak lagi tergantung pada cuaca yang tak banyak matahari.

Mesin Pengering Padi
Mesin Pengering Padi

Mesin pengering padi sebenarnya dibuat dengan sederhana, yakni boks berukuran tertentu dengan ruang untuk pembakaran yang nantinya akan dijadikan sumber panas. Kemudian ada juga ruang khusus yang menjadi padi berada untuk dikeringkan. Namun bila dilihat dari aspek kinerja, mesin ini terbagi menjadi 2, yakni secara langsung maupun tak langsung. Kemudian ada beberapa pilihan bahan bakar yang dapat dipakai mulai dari minyak tanah untuk mesin era lama. Namun untuk mesin kodern, bahan bakar yang dapat dipakai adalah bensin, kayu, gas LPG, bahkan sampai batu bara. Menariknya lagi, mesin ini juga sering digunakan untuk proses pengeringan kakao, kacang, kedelai, kemiri, jagung, gaplek, sampai kerupuk dan berbagai macam jenis bahan makanan lainnya. Inilah mengapa mesin ini sangat laris karena dapat menjadi alternatif yang sangat pas saat cuaca sedang susah.

Selanjutnya ada aspek yang sangat perlu untuk dibahas, yakni kapasitas mesin dalam menampung padi setiap kali kerjanya. Kapasitas ini memang sangat beragam, namun ada banyak yang ditemukan mesin dengan kapasitas kisaran 500 sampai 4000 kilogram untuk setiap prosesnya. Dengan kapasitas yang besar, proses juga menjadi lebih cepat dan efisien. Kemudian sebagai tenaga penggeraknya, mesin disel biasa dipakai karena dianggap lebih ramah dan multifungsi. Dan dari aspek material, Anda juga akan menemukan berbagai macam material pembentuknya mulai dari besi, aluminium, sampai kayu. Namun disarankan untuk membeli kerangka besi karena lebih aman dari resiko kebakaran. Maklum, mesin pengering padi sangat erat kaitannya dengan panas. Untuk dapat memiliki mesin tersebut, Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang mulai dari jutaan sampai puluhan juta untuk setiap unitnya.

Baca Juga Spek kegunaan dan harga :
Harga tersebut dipengaruhi oleh banyak hal seperti ukuran dan kapasitas pengeringan per jam. Untuk Mesin Box Drayer Pengering padi Harga Rp 26.000.000 dan Pengering Padi Gas Rp 11.000.000. Bahkan juga bahan atau rangka. Rangka juga menjadi bagian dari aspek keamanan. Sebagai penutup, mesin pengering padi adalah mesin yang akan sangat dibutuhkan para petani. Beberapa kelompok tani di berbagai wilayah sudah bergotong royong membeli mesin ini untuk kebutuhan bersama. Dengan mesin ini pula, para petani tidak lagi terlambat menjual hasil pertaniannya. Bahkan mereka tetap dapat bekerja meski dalam cuaca yang tidak menentu. Dengan kata lain, mesin pengering ini dapat menjadi jalan rezeki yang besar untuk para petani. Kini saatnya Anda untuk memilikinya dan segeralah terhindar dari masalah klasik berupa cuaca tak bersahabat. Demikian sekilas tentang apa itu mesin pengering padi dan manfaatnya. Seiring berjalannya waktu, sangat mungkin mesin ini akan berevolusi menjadi lebih baik lagi dengan berbagai fitur tambahan yang modern.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel