Harga Mesin Panen Padi Untuk Hasil Maksimal

Mesin panen padi di masa sekarang semakin banyak diminati. Hal itu tidak lepas dari susahnya mencari petani yang mau memanen padi. Maklum, panen padi selalu membutuhkan tenaga yang banyak mengingat luasnya lahan yang harus dipanen. Selain itu, proses panen juga membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak efisien. Sedangkan dengan menggunakan mesin, proses panen kemudian tidak membutuhkan banyak orang kecuali operator atau pengemudi mesin dan beberapa orang saja yang mengurus hasil panen ke dalam wadah tertentu. Memahami masalah yang saat ini muncul, kemudian muncullah banyak mesin dengan variasi bentuk, ukuran, dan tentunya harga. Harga mesin panen padi ini sangat bervariasi tergantung pada bentuk dan fitur dari mesin itu sendiri. Tentu ini akan memudahkan Anda dalam mencari mesin yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari kita lihat beberapa contoh berikut ini.

Combine Rice Harvester SAAM-4ZL-2.0
Mesin Panen Padi Combine Rice Harvester SAAM-4ZL-2.0

Mesin yang pertama adalah Combine Rice Harvester SAAM-4ZL-2.0. Harga mesin panen padi jenis ini cukup tinggi, yakni mencapai kisaran Rp 265.000.000 per unitnya. Dengan harganya yang besar, kita dapat memperkirakan bahwa ukurannya pun besar. Dan memang demikian, Combine Rice Harvester SAAM-4ZL-2.0 yang nampak seperti traktor berukuran besar ini memiliki bobot mencapai 2650 kilogram. Kekuatan mesinnya mencapai 70 HP atau kekuatan kuda. Namun dengan ukurannya yang besar, mesin ini memiliki jangkauan 200 mm dengan kapasitas kerja mencapai 0,5 sampai 1 hektare per jam. Untuk Anda yang memiliki sawah berhektare-hektare, mesin ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Namun selain untuk kebutuhan pribadi, Combine Rice Harvester SAAM-4ZL-2.0 juga dapat dijadikan usaha jasa panen padi dengan patokan ongkos ukuran lahan maupun durasi sewa. Efektivitas dan efisiensi adalah yang ditawarkan mesin ini.


Harga Mesin Panen Padi Harvester Modelll CCH-790 Tomcat

Selanjutnya ada mesin yang tak kalah menarik, mesin ini disebut dengan Harvester Modelll CCH-790 Tomcat. Harga mesin panen padi jenis ini ada pada kisaran Rp 85.000.000 per unitnya. Tak hanya dari harganya yang terpaut cukup jauh, bobot dari mesin ini juga terpaut jauh dari mesin pertama, yakni hanya 390 kilogram. Harvester Modelll CCH-790 Tomcat termasuk mesin modern walau dijalankan dengan mesin disel. Ia dilengkapi dengan sistem start elektrik atau recoil. Namun yang tak kalah menarik lagi adalah konsumsi BBM yang hanya ada pada kisaran 1,2 liter per jam sedangkan kapasitas kerjanya 8 sampai 10 jam per hektare. Untuk aspek lebar pemotongan, mesin ini mampu memotong dengan lebar mencapai 1000 mm. Dengan demikian, efektivitasnya cukup tinggi untuk mesin dalam dimensi yang sama.

Baca Juga Spek kegunaan dan harga :
Bila keduanya masih belum cocok dengan bajet Anda, Anda dapat mencoba mesin yang jauh lebih sederhana. Misalnya adalah Matrix MTX 520. Mesin Matrix MTX 520 ini adalah mesin sederhana yang digendong dan pisau pada ujung gagang panjangnya. Harga mesin panen padi ini ada pada kisaran Rp 1.300.000 sampai Rp 2.000.000 per unitnya. Perbedaan itu ada pada bahan bakar, model, sampai ukuran. Untuk aspek bahan bakar, ada beberapa pilihan seperti bensin dan solar. Mesin ini masih membutuhkan tenaga manusia untuk penggeraknya. Namun sudah lebih efisien daripada hanya menggunakan pisau atau sabit seperti cara lama. Menariknya lagi, dengan mesin ini Anda dapat memanfaatkannya dalam memotong rumput, tebu, jagung, dll. Demikian sekilas tentang mesin untuk memanen padi. Dengan mesin ini, Anda tidak perlu terlalu repot dalam proses panen, khususnya padi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel