Alat Tanam Jagung Praktis dan Murah

Rabu, 09 Mei 2018

Alat Tanam Jagung Praktis dan Murah

Dalam aktivitas pertanian, menanam benih adalah hal yang memerlukan waktu dan tenaga yang banyak. Selain itu, prosesnya juga tidak bisa dilakukan begitu saja. Dengan kata lain, diperlukan ketelitian dan ilmu tersendiri untuk dapat menanam dengan baik dan benar. Tak terkecuali pada penanaman jagung. Proses ini membutuhkan banyak tenaga dan seringkali menghabiskan waktu yang sangat lama. Untungnya, kini ada alat tanam jagung yang dapat ditemukan di banyak lokasi. Alat ini memudahkan petani dan pekebun untuk meletakkan benih jagung di dalam tanah. Dengan demikian, proses menjadi lebih cepat dan efisien. Anda juga tidak memerlukan banyak tenaga atau bantuan untuk dapat menyelesaikannya, kecuali memang lahannya sangat luas. Bagi Anda yang memang menekuni dunia perkebunan jagung, kini saatnya Anda menggunakan alat ini untuk mempersingkat dan mempermudah proses penanaman benih jagung.

Alat Tanam Jagung Praktis
Mesin Tanam Jagung AGR-PN22

Saat ini ditemukan ada beberapa bentuk alat tanam jagung yang tersebar di pasaran, salah satunya berbentuk seperti gerobak mini dengan tuas untuk mendorongnya. Dilengkapi juga roda kecil untuk memudahkan jalannya di atas tanah. Alat ini disebut AGR-PN22. AGR-PN22 tidak menggunakan listrik, melainkan tenaga manusia. Menariknya lagi, alat ini cocok untuk digunakan pada area pegunungan, ladang, sampai persawahan. Selain itu, ada 2 hal yang dapat disesuaikan dengan alat ini. Yang pertama adalah jumlah biji atau benih, yakni antara 1 sampai 2. Kemudian aspek kedalaman juga dapat disesuaikan yakni antara 35 sampai 78 mm. Di luar itu semua, alat ini memiliki jarak tanam baku yakni 22 cm dengan kapasitas benih mencapai 3,7 kg. Dengan demikian, Anda tak perlu repot mengisi ulang benih karena 3,7 kg ini sudah sangat banyak.

Untuk mendapatkannya, Anda perlu mengeluarkan uang kurang lebih sebesar Rp 1.950.000 per unitnya. Namun itu bukan satu-satunya pilihan. Anda dapat juga memilih alat yang lebih sederhana yang dilabeli seri AGRSED01. Alat ini hanya berbentuk memanjang, tanpa ada roda, maupun dorongan. Sehingga dapat dikatakan alat ini lebih kecil secara ukuran. Dari fiturnya, alat ini memiliki kapasitas tanky benih antara 1 sampai 2 kg dengan kemampuan kedalaman tanam yang dapat diatur, yakni antara 4 sampai 8 cm. Anda juga dapat menentukan jumlah benih di setiap lubangnya, yakni antara 1 sampai 3 benih per lubang. Dengan alat yang lebih sederhana ini, Anda dapat melakukan penanaman lahan seluas 400 sampai 600 meter persegi untuk setiap jamnya. Cukup efisien bukan? Lalu berapa harga untuk setiap unitnya?

Ukurannya memang lebih kecil dengan bobot yang lebih ringan. Anda dapat memilikinya dengan harga kisaran Rp 455.000 sampai Rp 525.000 saja. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan dari alat tanam jagung di atas. Keduanya dan mungkin sebagian besar alat untuk menanam jagung cocok pula untuk menanam biji-bijian yang lain seperti kacang, kedelai, dan sejenisnya. Dengan kata lain, ketika Anda membelinya Anda juga sedang membeli alat untuk penanaman benih lain. Kini saatnya Anda beralih dari penanaman yang merepotkan menjadi penanaman yang mudah dan cepat. Dengan alat ini, Anda dapat menghemat waktu jauh lebih banyak sehingga dapat melakukan hal lain dengan lebih efektif. Demikian sekilas tentang alat untuk menanam benih jagung dan biji-bijian. Seiring berjalannya waktu, tentu akan ditemukan berbagai inovasi dalam setiap produknya. Kita tunggu saja.

Tidak ada komentar: