Alat Pertanian Modern Rakitan di Indonesia

Aktivitas bertani sudah dilakukan sejak jaman dahulu kala. Sejak saat itu pula alat-alat pertanian sudah ditemukan dan digunakan untuk membantuk pekerjaan manusia saat bertani. Seiring berkembangnya jaman, aktivitas pertanian tidak kemudian menghilang. Bahkan justru mengalami kemajuan yang ditunjukkan dengan semakin majunya alat-alat pertanian. Benar, saat ini telah tersedia banyak bentuk alat pertanian modern yang semakin memudahkan pekerjaan bertani. Berikut ini akan disampaikan beberapa alat pertanian masakini yang dapat dipakai di Indonesia sebagai negara agraria terbesar di dunia. Tak perlu berlama lagi, mari kita mulai dari yang pertama, yakni Rotavator. Rotavator adalah mesin untuk mengolah tanah. Pengolahan tanah adalah hal yang wajib dilakukan saat bertani. Pada fase inilah tanah menjadi subur dan siap untuk ditanami. Rotavator dapat menjadi andalan untuk fase awal dari pengolahan tanah.

Mesin-Penanam-Padi-NSPU-68C
Mesin Penanam Padi NSPU 68C

Fase awal atau fase pertama itu adalah mencacah, memotong, dan membolak balikkan tanah. Dengan proses ini, tanah menjadi tidak lagi keras dan sangat padat. Selanjutnya, rotavator dapat merapikannya dan menghancurkan tanaman pengganggu yang mungkin tumbuh sebelum tanah dibalikkan. Selain itu ada juga alat yang disebut garu piring atau garu piringan. Sesuai namanya, alat pertanian modern ini memiliki garu berbentuk piringan pada sisi kanan dan kirinya. Alat ini benar-benar modern selain ditunjukkan dengan bentuknya, juga dengan fungsinya. Dua fungsi dapat dijalankan alat ini, yang pertama adalah fungsi membersihkan rerumputan sebelum sebelum penanaman. Kemudian yang kedua adalah untuk menutup benih yang sudah diletakkan pada lubang tanam. Proses ini dapat dilakukan bantuan piringan garu yang ada di kedua sisi. Selanjutnya ada alat modern untuk fungsi penanaman benih.
Baca Juga Spek kegunaan dan harga :
Di beberapa negara sudah ada banyak mesin untuk menanam benih. Menggunakan mesin ini memang menjadikan pekerjaan lebih singkat dan hemat tenaga dan biaya. Misalnya mesin penanam padi dengan nama NSPU-68C. Mesin ini berbentuk seperti traktor dengan bidang khusus untuk benih padi di sisi belakang. Sembari berjalan, mesin ini akan dengan sendirinya menanam benih padi tersebut. Sebagai operator, mereka cukup menjalankan mesin ini maju ke depan sesuai dengan pola yang ada. Begitu juga alat pertanian modern lainnya seperti penanam kentang. Alat ini secara fisik lebih besar berbentuk gerobak dengan bak khusus yang berisi kentang. Satu per satu kentang akan ditanamkan pada tempat yang dilewati oleh bak tersebut. Bak ini sendiri ditarik oleh traktor khusus yang bentuknya tentu berbeda dari traktor penanam padi tadi. Ini belum semuanya, ada juga alat dengan fungsi pemupukan.

600 Gallon Sprayers
600 Gallon Sprayers

Fungsi ini biasanya dikaitkan juga dengan pengendalian hama. Ada banyak bentuk dari mesin ini, salah satunya adalah semprotan bernama 600 Gallon Sprayers. Sesuai dengan namanya, alat pertanian modern ini memiliki kemampuan menyemprotkan 600 galon berisi cairan khusus pengusir hama. Alat ini juga dikendalikan dengan traktor khusus dan biasa digunakan untuk tanaman seperti kentang, ketela, dsb. Selain cairan, ada juga mesin yang berfungsi untuk menyebarkan pupuk secara massal. Alat ini berbentuk seperti truk dengan bak yang tutupnya dapat dibuka dengan kontrol khusus. Dengan alat ini, penyebaran pupuk menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien. Alat-alat ini hanyalah sebagian kecil dari alat modern yang ada pada masa sekarang. Seiring berjalannya waktu, tentu akan semakin banyak ditemukan alat-alat modern lain yang dapat diaplikasikan di Indonesia maupun di negara lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel