Mesin Panen Padi Sederhana dan Ringan

Untuk mendapatkan hasil yang cepat dan lebih efisien, proses panen padi biasa dilakukan dengan mesin. Mesin sendiri juga beraneka ragam dengan ukuran dan kemampuannya. Meski demikian, mesin-mesin ini terbukti ampuh dalam mempercepat proses panen dan mengurangi biaya operasional. Sayangnya, harga mesin canggih ini tidaklah murah. Tercatat ada banyak mesin dengan banderol mulai dari puluhan juta sampai ratusan juta. Maka biasanya pembelian mesin ini dilakukan secara berkelompok sehingga harga menjadi lebih murah. Namun dibalik mesin besar dengan tenaga yang besar, ada juga beberapa mesin panen padi yang sederhana. Mesin ini sama dengan mesin pemotong rumput yang digendong dan dengan pisau khusus di ujung gagang. Pada kesempatan kali ini, Anda akan mendapatkan beberapa rekomendasi mesin tersebut untuk kebutuhan panen skala kecil hingga menengah. Mari kita mulai dari yang pertama.

Mesin Panen Padi Merek Miura Mtech – 488
Mesin Panen Padi Merek Miura Mtech – 488

Mesin yang pertama ada dari Miura Mtech – 488. Mesin ini memiliki kapasitas sebesar 41 cc dengan daya atau power mencapai 1,45 KW setiap 7000 RPM. Mesin panen padi memiliki kapasitas tanki bahan bakar mencapai 1 liter dengan sistem penghidupan berupa sistem tarik atau recoil starter. Kemudian aspek terpenting dari mesin panen adalah pisau. Pisau pada mesin ini memiliki panjang 255 mm dengan lebar pemotogan mencapai 415 mm. Dan yang terkahir, mesin ini memiliki bobot mencapai 7 kg. Tak hanya itu, ada juga mesin dengan nama Matsumoto MBC – 431F. Mesin ini memiliki kapasitas sebesar 31 cc saja. Kemudian untuk masalah daya, mesin ini mencapai 0,75 KW untuk setiap 7500 RPM. Kapasitas tanki juga kalah besar dari nama yang pertama, yakni hanya kisaran 0,75 liter saja.

Mesin Potong Padi Matsumoto MBC – 431F
Mesin Potong Padi Matsumoto MBC – 431F
Meski demikian, bobot Matsumoto MBC – 431F hanya 6 kilogram. Dua merk ini cukup dikenal dan menjadi sedikit dari banyak mesin panen padi sederhana yang direkomenasikan. Menariknya lagi, dengan Anda memiliki mesin ini, Anda dapat menggunakannya untuk memotong rumput, jagung, atau yang sejenisnya. Selanjutnya untuk masalah harga, mesin ini dibanderol beragam. Mulai dari ratusan ribu sampai jutaan untuk setiap unitnya. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan bajet Anda. Meski demikian, ada satu hal yang menjadi kekurangan dari mesin sederhana ini. kekurangan tersebut adalah Anda tetap membutuhkan tenaga manusia sebagai operatornya. Tenaga tersebut ada pada transportasi mesin. Dengan demikian, mesin ini tidak dapat dikatakan paling modern diantara jenis mesin panen padi yang lain. Kemudian kekurangan lain juga terdapat pada tinggi padi yang dipotong kemungkinan besar tidak akan sama.

Hal ini disebabkan oleh pemotongan dilakukan oleh manusia secara manual sehingga tinggi potongan hanya berdasarkan feeling saja. Namun seiring berjalannya waktu, nantinya mesin ini dapat saja berubah lebih modern. Salah satunya ditunjukkan dengan interface khusus sebagai pengatur. Kemudian ada juga petunjuk kecepatan, tanki bahan bakar, atau luas lahan pengerjaan yang sudah dikerjakan dengan tampilan digital yang menarik. Namun apapun itu, mesin panen padi tetap akan memudahkan para petani. Proses panen akan lebih cepat dan efisien. Pembelian mesin sederhana ini juga tidak hanya dapat digunakan sendiri atau secara pribadi, melainkan dapat juga disewakan dengan ongkos sewa per jam atau per luas lahan yang dikerjakan. Artinya, Anda juga dapat membuka peluang bisnis dengan alat ini. Demikian sekilas tentang mesin sederhana yang dapat membantu petani dalam memanen padi.
Baca Juga Spek kegunaan dan harga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel