Alasan Menggunakan Mesin Pemotong Padi dan Langkah-langkahnya

Semakin majunya jaman, semakin maju juga teknologi. Kemajuan teknologi kemudian membuat manusia memiliki cara lain untuk dapat menyelesaikan pekerjaan, keperluan, dan kebutuhan mereka. Teknologi digunakan untuk mempermudah, mempercepat, dan menyederhanakan suatu pekerjaan manusia. Dengan kata lain, teknologi dapat menghemat waktu dan tenaga lebih banyak. Termasuk dalam hal memanen padi. Pada hari ini ada satu bentuk teknologi yang disebut mesin pemotong padi. Dari namanya sudah jelas bahwa mesin ini memiliki fungsi untuk membantu petani memanen padi. Meski saat ini belum tersebar ke seluruh Indonesia, namun mesin ini dipercaya memiliki berbagai kelebihan yang sangat sayang bila tidak dinikmati. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengapa perlu segera beralih ke mesin ini yang dikemas dalam beberapa alasan. Akan disertakan juga bagaimana cara mengoperasikannya. Mari kita mulai dari aspek alasan.

Mesin Pemotong Padi Tasco
Mesin Pemotong Padi Tasco

Mesin pemotong padi memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan-kelebihan tersebut menjadi alasan mengapa setiap petani baiknya segera menggunakannya. Alasan yang paling mendasar adalah dapat menghemat tenaga. Memanen padi dengan cara lama membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Cara ini harus melibatkan banyak sekali petani agar beban menjadi lebih rata. Sedangkan tenaga setiap petani berbeda-beda sehingga sangat mempengaruhi kecepatan dalam menyelesaikan proses panen. Soal kecepatan, ini juga menjadi perhatian khusus karena panen dengan cara lama juga membutuhkan waktu yang sangat lama. Bila sawah atau lahan memiliki luas berhektare-hektare, maka proses bisa menjadi lebih lama hingga berminggu dan berbulan-bulan. Untuk itulah mesin ini dibuat, yakni untuk memangkas tenaga dan waktu. Anda tidak akan lagi membutuhkan banyak petani sebagai pemanen. Cukup bekali beberapa orang untuk melakukannya dengan mesin ini.

Bila dilakukan oleh banyak pemanen dengan banyak mesin, maka prosesnya juga akan semakin lebih cepat. Kemudian dengan alat ini, proses tidak hanya menjadi lebih cepat dan hemat tenaga, melainkan juga hemat biaya. Hal ini sangat wajar karena tidak melibatkan banyak orang yang nantinya akan berkaitan dengan jumlah ongkos dan konsumsi. Apakah hanya itu saja? Tentu tidak. Selain itu, proses akan menjadi lebih mudah karena pemanen hanya perlu mendekatkan pisau mesin dengan tangkai padi. Pengoperasiannya dapat dengan cepat dipelajari dan dilakukan oleh orang awam sekalipun. Berikut akan disampaikan cara memanen dengan mesin pemotong padi modern yang mudah dan efisien. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu, diantaranya mesin itu sendiri, terpal atau sejenisnya untuk dijadikan alas, dan wadah khusus sebagai tempat bulir padi.

Baca Juga Spek kegunaan dan harga :
Wadah tersebut juga bisa menggunakan karung padi. Untuk memulai memanen, gendong mesin tersebut kemudian hidupkan mesin terlebih dahulu. Setiap mesin memiliki cara menghidupkan yang berbeda-beda. Ada yang harus dengan menarik tali picu, ada juga dengan button starter yang lebih praktis dan modern. Setelah itu, Anda hanya tinggal mengarahkan pisau ke tangkai padi. Padi secara otomatis akan terpotong dan jatuh ke tudung mesin. Selanjutnya, Anda atau orang lain tinggal memindahkan potongan padi tersebut ke karung yang telah disiapkan. Langkah ini dapat dilakukan sampai padi habis terpotong. Dari gambaran tersebut, kita dapat melihat bahwa memotong padi menjadi hal yang sangat sederhana tanpa harus membutuhkan tenaga yang besar. Semua itu dapat dilakukan dengan mesin pemotong padi. Miliki dan nikmati teknologi ini sekarang juga. Jangan buang waktu dan uang Anda untuk memanen dengan cara lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel