Mesin Pencacah Rumput Multiguna Hasil Halus

Mesin pencacah rumput adalah mesin yang biasa digunakan untuk mengecilkan ukuran rumput. Ini biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk makan ternak baik secara langsung maupun secara fermentasi terlebih dahulu. Mesin ini juga biasa digunakan dalam proses pembuatan pupuk kompos atau pupuk organik. Kemudian rumput-rumput yang dapat dicacah dengan mesin ini diantaranya rumput kolonjono dan rerumputan kecil. Namun seiring berjalannya waktu, mesin ini didesain juga untuk mencacah rumput gajah atau jerami dan batang jagung. Tentu ini membuatnya berbeda dari mesin lama yang tidak sekuat mesin sekarang. Itu dapat terlihat dari besarnya cacahan yang dihasilkan. Sebagian besar mesin memiliki kemampuan mencacah dalam ukuran 0,2 sampai 1 cm. Bahkan Anda juga dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Dengan ukuran yang kecil, proses fermentasi pupuk menjadi lebih efektif dan cepat.

Mesin Cacah Rumput
Mesin Cacah Rumput Listrik

Pada saat ini, terdapat banyak jenis mesin pencacah rumput yang berbeda-beda berdasarkan beberapa kriteria seperti motor penggeraknya. Beberapa yang saat ini mudah ditemui adalah mesin pencacah dengan mesin motor bensin, motor disel, sampai motor yang digerakkan oleh listrik. Maka ada juga sebutan mesin elektrik karena merujuk pada motor listrik yang menjadi penggeraknya. Mesin ini termasuk dalam kategori paling baru dan modern. Meski demikian, ada juga kriteria lain yang membedakan banyak mesin pencacah tersebut, yakni pada kapasitas. Kapasitas yang dimaksud adalah kapasitas rumput yang dapat dikerjakan dalam ukuran jam. Misalnya mesin dengan dimensi 800 x 500 x 800 cm yang digerakkan dengan teknologi bernama elektro motor 700 watt, dapat mengerjakan 100 sampai 200 kilogram rumput dalam 1 jam. Kapasitas ini termasuk kecil, namun bukan yang terkecil.

Ada juga mesin pencacah rumput dengan dimensi lebih besar, yakni mencapai 900 x 600 x 1080 cm dengan mesin penggerak disel, dapat menghasilkan 250 sampai 500 kilogram cacahan setiap jamnya. Kapasitas ini masih termasuk dalam kategori sedang. Namun bila Anda membutuhkan mesin dengan kapasitas lebih besar, Anda dapat mencoba mesin dengan kemampuan mencacah 1 ton per jamnya. Mesin ini memiliki dimensi mencapai 1000 x 700 x 1100 cm. Ukurannya yang besar membuatnya harus digerakkan dengan disel 12 hp. Meski termasuk mesin dengan bobot yang berat, namun ia memiliki kapasitas 750 sampai 1000 kilogram untuk setiap jamnya. Benar, mesin ini dapat mengerjakan 1 ton setiap 60 menit kerja. Kapasitas yang besar ini biasa digunakan oleh para pengusaha peternakan atau perusahaan pupuk kompos dalam salah satu prosesnya.

Baca Juga Spek kegunaan dan harga :
Tentu saja setelah hari ini, akan ada banyak mesin baru dengan kapasitas yang lebih besar maupun lebih kecil untuk memenuhi kebutuhan pasar. Namun dari kebanyakan mesin pencacah rumput yang ada, mesin ini diperkuat dengan rangka besi maupun baja. Ini membuatnya lebih awet karena pada dasarnya mesin ini bergetar hebat setiap digunakan. Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah pisau. Bila kebutuhan Anda adalah mencari mesin pencacah rumput berukuran besar, maka disarankan untuk memilih mesin cengan pisau yang terbuat dari baja. Meski harganya relatif lebih mahal, namun kualitas pisau dan hasil cacahan akan lebih baik. Maklum, beberapa jenis rumput terkadang susah untuk dipotong dengan pisau mesin biasa. Selain itu, mesin dengan pisau baja juga akan lebih multifungsi dan bisa dipakai untuk mencacah rumput lainnya. Demikian sekilas tentang mesin pencacah rumput.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel