Mesin Tanam Padi Alut Sistan Bangga Karya Kita Sendiri

Ada banyak hal yang tersentuh teknologi dan akhirnya berevolusi menjadi lebih baik. Tak terkecuali pada ranah pertanian. Salah satu aspek dalam pertanian adalah menanam padi. Aspek ini biasa membutuhkan waktu yang lama terlebih bila lahan benar-benar luas. Selain itu juga membutuhkan tenaga yang besar karena akan melibatkan banyak orang. Untuk merespon hal itu, maka dibuatlah mesin tanam padi. Mesin ini berfungsi menjadi pengganti banyak tenaga manusia yang sudah sejak dulu menjadi penanam padi. Maka dengan mesin ini, hanya dibutuhkan paling tidak satu orang sebagai operator. Menariknya lagi, saat ini ada banyak jenis mesin untuk menanam padi dengan berbagai kelebihannya. Pada kesempatan kali ini, Anda akan mendapatkan informasi tentang mesin ini dengan disertai beberapa hal yang ada di dalam mesin seperti berat dan praktik penanamannya.

Mesin Tanam Padi Alut Sistan
Mesin Tanam Padi Alut Sistan

Yang pertama datang dari mesin yang kabarnya dibuat di dalam negeri. Mesin ini dinamakan Alut Sistan dan ditemukan di salah satu marketplace besar di Indonesia. Alut Sistan memiliki berat mencapai 113 kilogram. Angka tersebut tidak terlalu berat bila dibandingkan dengan mesin modern lainnya. Meski dibuat oleh orang Indonesia sendiri, mesin tanam padi berwarna hijau ini telah dilengkapi dengan kemampuan mengatur jarak tanam. Setidaknya ada 5 jarak tanam yang bisa dipilih, yakni 10 cm, 15 cm, 20 cm, 25 cm, dan 30 cm. Kemudian untuk jarak tanam kanan dan kiri, Anda juga dapat mengaturnya selebar 25 cm. Bila Anda memang sedang mencari mesin dengan harga yang terjangkau, mesin ini dapat Anda pertimbangkan karena hanya dibanderol kisaran Rp 7.500.000 per unitnya. Lepas dari mesin yang pertama, mari kita lihat mesin lainnya.

Kemudian ada juga mesin tanam padi dengan tipe TPDI-22. Mesin ini masih mirip dengan yang pertama, namun bedanya mesin ini jauh lebih ringan, yakni hanya berkisar 37 kg saja bobotnya. TPDI-22 juga memiliki kemampuan mengatur jarak tanam mulai 23 cm sampai 25 cm. Kemudian untuk dalamnya tanam, mesin ini dapat mencapai 5 cm untuk setiap benihnya. Dengan mesin ini, Anda diperkirakan dapat melakukan proses tanam sekitar 0,2 hektare per hari. Bedanya, Anda tidak lagi perlu melibatkan banyak orang untuk pengoperasiannya. Penanaman akan lebih seragam dan rapi. Selain itu juga cocok untuk dipakai pada lahan yang basah maupun kering. Alat ini dihargai pada kisaran belasan juta. Meski lebih mahal namun Anda dapat dengan lebih mudah memindahkannya bila diperlukan. Kemudian mari kita lihat mesin yang ke-3 dan yang tercanggih pada tulisan ini.

Mesin Penanam Padi YANMAR AP4
Mesin Penanam Padi YANMAR AP4
Baca Juga Spek kegunaan dan harga :

Mesin Tanam Padi Yanmar

Mesin ini datang dari merk besar di dunia pertanian, yakni Yanmar. Tepatnya bernama Yanmar AP4 Rice Transplanter. Mesin ini termasuk mesin besar dengan harga yang juga tidak murah, yakni kisaran Rp 80.000.000 untuk setiap unitnya. Harga itu juga sebanding dengan bobotnya yang mencapai 200 kilogram. Namun jangan salah, mesin ini memiliki kapasitas kerja yang sangat baik, yakni mencapai 30 sampai 40 menit untuk setiap 1000 meter persegi. Dengan demikian pekerjaan menjadi lebih singkat. Tenang, Yanmar AP4 Rice Transplanter juga memiliki kemampuan mengatur jarak tanam dan konsumsi bahan bakar yang cukup hemat. Biasanya alat ini dibeli secara berkelompok sehingga harganya menjadi lebih terjangkau. Demikian sekilas tentang mesin tanam padi yang ada di Indonesia. pastinya setelah ini akan ada banyak mesin baru yang lebih canggih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel