Teknologi Mesin Pertanian dalam Moderenisasi Pertanian Indonesia

Teknologi telah merambah hampir semua hal yang ada pada kehidupan manusia saat ini. Meski ada dampak negatifnya, teknologi tetap memberikan manfaat yang luar biasa dibutuhkan manusia. Pekerjaan manusia menjadi lebih cepat diselesaikan dengan efektivitas dan efisiensi yang tinggi. Dengan demikian, manusia tak perlu berlelah-lelah untuk menyelesaikan pekerjaan yang berat. Termasuk dalam hal pertanian. Benar, teknologi saat ini telah berkembang pesat dan turut memajukan dunia pertanian. Teknologi berperan penting dalam lahirnya berbagai mesin yang ada di dunia pertanian. Mesin-mesin ini tentunya memudahkan para petani sehingga mereka tak perlu lagi kesusahan dalam mengerjakan sawah mereka. Meski saat ini petani Indonesia belum banyak yang memilikinya, namun hal itu diperkirakan tidak akan berlangsung lama. Berikut adalah beberapa mesin pertanian yang mungkin akan sangat dibutuhkan petani di Indonesia.

Mesin Pertanian Produk PT Pindad
Mesin Pertanian Produk PT Pindad

Yang pertama adalah mesin penanam. Proses penanaman terkadang membutuhkan waktu yang lama, belum lagi biaya dan tenaganya. Bahkan sudah sejak lama penanaman padi selalu membutuhkan banyak sekali orang untuk prosesnya. Namun hal itu dapat dihindari dengan penggunaan mesin penanam yang didesain khusus untuk setiap tanaman, misalnya padi dan jagung. Keduanya berbeda secara desain, namun memiliki prinsip yang sama, yakni dengan ditarik traktor atau kendaraan yang khusus dibuat sesuai medan. Pada bagian tertentu akan disediakan semacam cangkul kecil yang secara otomatis menggali dan disusul dengan sistem yang meletakkan benih ke dalam lubang tanam tersebut. Dengan menggunakan mesin, tenaga manusia menjadi tidak lagi banyak dibutuhkan. Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dengan efektif dan efisien. Selain mesin pertanian dalam bidang penanaman, ada lagi mesin untuk proses pemanenan.

Selain pada proses penanaman, proses panen juga membutuhkan waktu, tenaga, dan tentunya biaya yang tidak sedikit. Hal itulah yang kemudian melahirkan mesin untuk memanen. Mesin panen padi adalah yang paling sering ditemukan di banyak lokasi. Mesin ini seperti traktor dengan alat khusus pada bagian depan yang dapat meraih dan memotong padi secara otomatis. Padi kemudian dimasukkan ke dalam wadah khusus yang nantinya dapat dipindahkan. Namun itu bukan satu-satunya, mesin panen yang juga disebut harvester ini juga dibuat untuk medan lain seperti memanen kentang, kacang, wortel, sampai mesin pemanen kapas. Untuk mesin pemanen umbi dan biji-bijian, desainnya lebih dibuat dengan kemampuan menggali tanah. Mesin ini juga digerakkan dengan traktor atau kendaraan khusus dan memiliki efisiensi tinggi. Di negara barat, mesin semacam ini sudah sangat sering digunakan dan prosesnya memang sangat cepat.

Baca Juga Spek kegunaan dan harga :
Kemudian mesin pertanian yang terakhir yang nantinya dapat digunakan di Indonesia adalah mesin irigasi. Mesin ini sangat efektif untuk menyirami berbagai macam tanaman seperti kubis, kol, dan berbagai macam tanaman lainnya. Mesin irigasi dibuat dengan alat khusus yang dapat mengalirkan air dengan efektif yang nantinya akan membuat air tidak terbuang sia-sia. Beberapa mesin dibuat diatas tanaman, namun ada juga yang dibuat pada bagian dekat akar tanaman seperti pada tanaman bawang. Beberapa kawasan di jazirah Arab sudah menggunakan mesin ini mengingat keterbatasan air yang ada di kawasan tersebut. Meski Indonesia memiliki cadangan air yang lebih banyak, namun mesin ini tetap dapat dipraktekkan untuk lebih menghemat air dan tenaga penyiram. Demikian sekilas tentang mesin pertanian yang meski belum umum di Indonesia namun sangat mungkin akan diadaptasi dan digunakan oleh petani Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel